Internal Meeting PMII Jatim Lahirkan Rekomendasi untuk MUSPIMNAS PB PMII

Header Menu

Cari Berita

Internal Meeting PMII Jatim Lahirkan Rekomendasi untuk MUSPIMNAS PB PMII

Monday, January 14


(14/01/19) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Jawa Timur menggelar Internal Meeting yang diikuti oleh seluruh ketua cabang dan ketua KOPRI se-Jawa Timur. Acara yang dilaksanakan di Balai Diklat Kemenag Surabaya itu membahas temuan-temuan persoalan di PMII untuk disampaikan nanti di forum Muspimnas PB PMII yang akan dilaksanakan di Boyolali Jawa tengah bulan depan.

Pagelaran Muspimnas PB PMII merupakan forum tertinggi di PMII setelah Kongres. Forum itu melahirkan produk hukum yang menjadi pijakan berorganisasi di PMII. PMII Jawa Timur mengajak seluruh ketua cabang dan ketua KOPRI se-Jatim untuk memberikan rekomendasi yang akan disampaikan di Muspimnas.

Ada beberapa hal yang menjadi pembahasan saat internal meeting berlangsung. Diantaranya adalah positioning PMII dan NU yang hingga saat ini masih belum jelas. Mereka menganggap hal tersebut masih menjadi problem penting yang harus di selesaikan oleh PB PMII. Ketua PKC PMII Jatim Abdul Ghoni mengatakan, "Kami meminta ada komisi yang akan membahasa tentang sikap PMII terhadap NU, dan tentunya PMII Jatim akan bersiakap soal PMII dan NU di muspimnas. Apakah independ atau banom NU, kita sampaikan nanti".

PMII Jatim juga merasa ketidakjelasan hubungan PMII dan NU akan melahirkan organisasi yang berhaluan sama yang juga mengambil peran di kampus-kampus. Mereka menganggap PB PMII sengaja membiarkan issue ini bergulir berlarut-larut.

Selain itu, internal meeting PMII Jatim ini juga mengajak seluruh ketua cabang dan ketua KOPRI se Jawa Timur turut serta mensukseskan Muspimnas PMII. Mereka tidak ingin Muspimnas menjadi acara seremonial yang tidak memberikan perubahan-perubahan untuk kebaikan PMII kedepan. (azz)