Jelang Hari Aksara Internasional, Mahasiswa UMM Gelar Pentas Literasi Anak

Header Menu

Cari Berita

Jelang Hari Aksara Internasional, Mahasiswa UMM Gelar Pentas Literasi Anak

Saturday, September 7

Malang - Jelang Peringatan Hari Aksara Internasional tanggal 08 September mendatang,  sejumlah mahasiswa jurusan Kesejahteraan Sosial, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam kelompok praktikum Community Development di komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Regional Malang menggelar pentas literasi anak, Kamis (05/09).

Kegiatan pentas literasi yang mengusung tema  "Menggugah Budaya Melek Literasi" dilaksanakan di Pondok Pesantren Roudlotun Nashichin, Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, dengan melibatkan anak-anak yang berusia 4 - 12 tahun.

Dalam kegiatan ini, terlihat anak-anak Desa Karangwidoro sangat antusias ikut berpartisipasi.   Beberapa orang tua wali yang saat itu sedang mengantar anak-anaknya juga turut berpartisipasi dalam prosesi perlombaan. Kegiatan pentas literasi yang dilakukan meliputi ragam lomba diantaranya mewarnai, menggambar, membaca puisi, story telling dan lain sebagainya.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Rigida Firodian, mahasiswi Kesejahteraan Sosial, semester 7. Menurutnya, momen Hari Aksara Internasional yang ditetapkan UNESCO pada 54 tahun yang lalu menjadi momen terbaik untuk merefleksikan kembali budaya literasi di Indonesia. Momen ini dirasa sangat tepat untuk menggugah semangat melek literasi.

"Minat baca di Indonesia masih dibawah standar. Sehingga, kami ingin menggugah semangat masyarakat untuk meningkatkan budaya minat baca atau literasi melalui aksi sosial bersama Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara. Hal ini sudah menjadi peran dan kontribusi sebagai mahasiswa di lingkungan masyarakat". Ungkapnya
Peserta didik GPAN Malang sedang mewarnai yang merupakan bagian dari pembelajaran tentang literasi sains.

Dalam peringatan Hari Aksara Internasional, sekelompok mahasiswa Kesejahteraan Sosial,  Universitas Muhammadiyah Malang melalui Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara Regional Malang juga merancang ragam even literasi. Rangkaian kegiatan Hari Aksara Internasional meliputi Pentas Literasi Anak, Bocah Pustaka, Galeri Baca dan Even Gerakan Ibu Membaca yang dilaksanakan sejak tanggal 05 - 09 September 2019 mendatang.

"Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Aksara Internasional dan puncak peringatan Hari Aksara Internasional akan diselenggarakan tepat pada hari Minggu tanggal 08 September 2019. Kegiatan ini dinamakan dengan  Galeri Baca dimana kami membuka lapak baca buku gratis yang akan di laksanakan di Car Free Day Idjen, Kota Malang". Imbuh Rigida. ( Siti Khatija )